Membuat Kolam Renang Impian, Apa Saja yang Dibutuhkan?

Saya dan Ibu selalu memimpikan rumah dengan kolam renang yang bisa dinikmati oleh keluarga. Karena Ibu saya suka banget berenang dan seminggu sekali minimal beliau berenang bersama dengan teman-temannya. 

Walaupun saya ngga bisa berenang, tapi seneng aja gitu lihat kolam renang di dalam rumah. Tampak menyegarkan. Sehingga apa yang diinginkan oleh Ibu saya juga menjadi salah satu wishlist yang akan selalu saya usahakan.

Kalau ada rezeki nanti pengennya sih bikin kolam renang indoor di halaman rumah saya yang tanahnya memang milik Ayah saya hehehe.. dan saat ini masih difungsikan untuk kebun jeruk. Sadar banget membuat kolam renang ngga bisa sembarangan. Butuh banyak biaya karena ngga mau kan suatu saat kolam renangnya harus dibongkar karena bocor lah, atau apa lah. Jadi memang harus dipersiapkan dengan matang.

membuat kolam renang impian

Apa saja ya persiapannya? Simak yuk!

Persiapan Membuat Kolam Renang Impian

1. Anggaran Biaya Pembangunan Kolam Renang

Sebelum memulai pembuatan kolam renang, penting untuk membuat anggaran biaya kolam renang lho. Semata dilakukan agar kita tahu perkiraan biaya yang harus dipersiapkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kolam renang. 

Untuk membuat anggaran biaya pembangunan, tentu saja kita tidak bisa sendirian. Tapi kita bisa menyerahkannya ke ahlinya. Salah satunya yakni kontraktor kolam renang terpercaya yang bisa memberikan layanan mulai dari pembuatan anggaran hingga pembangunan selesai/rampung.

Oh iya sebelum anggaran dirancang, jangan lupa menentukan ukuran dan tata letak kolam renang ya teman-teman! 

2. Konstruksi Kolam Renang

Ini nih yang juga tak kalah penting ketika mempersiapkan pembangunan kolam renang. Konstruksi kolam renang ini penting banget karena jika tidak merancang konstruksi yang baik, kolam renang juga tidak akan bertahan lama.

Selain itu kolam renang dengan konstruksi yang baik juga akan meminimalisir kerusakan. Apalagi jika kita berkonsultasi dengan kontraktor kolam renang yang memang sudah ahlinya, pasti mereka juga akan memberikan pilihan material yang tepat sesuai dengan fungsi dan estetika.

Contohnya nih, material pelapis lantai dan dinding seperti apa yang paling bagus digunakan untuk kolam renang? Apakah granit yang sangat menunjang tampilan visual kolam renang cocok digunakan di kolam renang? Apakah bahan-bahan tersebut mudah dibersihkan? Yang seperti ini kan tidak bisa kita lakukan sendiri dong ya. Apalagi tidak pernah punya pengalaman membuat kolam renang sebelumnya.

3. Konsumsi Listrik

Selain bahan atau material terbaik yang dibutuhkan di kolam renang, kita juga harus memperhitungkan listrik untuk mengoperasikan pompa yang digunakan untuk mengatur perputaran air ya teman-teman.

Selain itu, listrik juga dibutuhkan untuk penerangan di malam hari. Misalnya saja kolam renang minimalis yang membutuhkan sekitar 500-700 watt untuk konsumsi listriknya.

4. Pasokan Air

Selain material, listrik, kita juga perlu memperhitungkan pasokan air untuk kolam renang yang akan kita bangun. Untuk pasokan air bisa menggunakan berbagai sumber, seperti air sumur maupun PAM. 

Nah, agar air kolam renang bisa lebih dihemat, kita juga bisa melakukan pemeliharaan kolam renang dengan benar. Sehingga air dalam kolam renang tidak harus terlalu sering diganti. Awet gituuuu!

5. Sistem Filtrasi

Sistem filtrasi juga menjadi faktor penting yang menjaga kolam renang tetap awet dan terawat lho, sehingga harus kita persiapkan dengan baik pula. 

Ada dua macam sistem filtrasi kolam renang yang bisa kita gunakan, yaitu sistem konvensional dan sistem integrated pool. Sistem konvensional ini dilakukan dengan menanam pipa-pipa struktur yang digunakan untuk mengalir air ke tangki filter pada bagian konstruksi kolam renang bagian bawah.

Sementara itu sistem integrated pool and filter biasanya sistem filtrasinya menyatu dengan struktur kolam renang. Mana yang lebih cocok untuk kolam renang impian, semua bisa kita konsultasikan dengan kontraktor kolam renang yes.

6. Teras Kolam Renang

Emang harus ya kolam renang memiliki teras? Nah ini lebih baik digunakan sih karena ketika keluar dari kolam renang ngga mungkin dong langsung lantai biasa gitu. Kita harus memastikan pool deck atau teras kolam renang terbuat dari kayu atau lantai dengan batu alam, atau stepping stone sehingga tidak licin dan juga anti selip.

7. Kedalaman Air

Ketika membuat kolam renang kita juga harus memperhatikan kedalaman air pada kolam renang ya. Karena ini berkaitan dengan keamanan dan keselamatan juga. Kalau target kolam renangnya dipergunakan juga untuk anak-anak, sebaiknya dibuat sekitar 0,5 meter. Namun jika memang untuk dewasa maka dibuat sekitar 1,4 meter hingga 2 meter. 

Saran saya sih jangan terlalu dalam yaaa, hehehe.. 

Kita juga bisa menggabungkan antara kolam renang anak dan dewasa dengan membuat pemisah (rump), lagi-lagi, kita harus konsultasi juga dengan kontraktor kolam renang hehehe..

Nah, sudah tahu kan apa saja yang harus dipersiapkan ketika ingin membangun kolam renang? "Wah ternyata ribet yaa?" Iya banget, oleh karena itu kita membutuhkan layanan jasa kontraktor kolam renang guys. 

Untuk teman-teman yang ada di sekitar Surabaya, boleh banget lho menggunakan jasa kontraktor kolam renang Surabaya dengan berbagai layanan dan keunggulannya. 

Semoga artikel ini bermanfaat ya!


No comments

Post a Comment